Mengakses Shared Printer milik WinXP dari Ubuntu Hardy

Hari ini saya lagi beruntung, sukses menyambungkan notebook Ubuntu saya dengan printer milik WinXP rekan kerja sebelah. Koneksi didapat dengan kabel LAN yang di-cross. Setelah settting IP beres dan bisa nge-ping, selanjutnya menginstall samba dan libpam-smbpass. Karena system-config-printer bawaan Hardy tidak bisa (baca: menyusahkan saya) menyetting LAN printer, kemudian memasang gnome-cups-manager dan libgnomecupsui. Setelah menjalankan service cups, dari menu System > Administration > Printing, pilih menu Add Printer, pilih Network Printer, pilih Windows Printer (SMB), isikan alamat IP komputer target, nama printer_yang_disharing, username saya dan password saya (apaan nih!), dilanjutkan memilih driver (HP Laserjet 6L), dan selanjutnya dia muncul di daftar printer (sebagaimana tutorial di majalah InfoLINUX). Print-test-page mengasilkan cetakan Ubuntu… hore…

Oops, hampir lupa, saya menggunakan printer ini untuk mencetak dari MS Office via Wine🙂